Tuesday, October 15, 2013

PEMBAGIAN DAGING KURBAN DI MUSHALLA ARRAHMAN BERJALAN TERTIB, AMAN, DAN LANCAR

Alhamdulillah, proses penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kurban di mushalla Arrahman berjalan dengan tertib, aman, dan lancar. Sikap kebersamaan, kepedulian sosial, kekeluargaan,keakraban, dan gotong royong di kalangan jamaah mushalla Arrahman terbentuk melalui acara berkurban ini. Mereka saling bahu membahu dan bekerja sama serta sama-sama bekerja untuk mencapai derajat takwa di sisi Allah SWT.

Dalam gambar berikut ini, nampak panitia dan warga sekitar bekerja sama memotong daging dan memisahkannya dari tulang-tulang sebelum dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.




Usai dipotong, daging dimasukkan ke dalam plastik. Plastik putih untuk daging sapi dan plastik merah untuk daging kambing.

Sumradi Ketua Ta'mir Mushalla Arrahman dengan penuh tanggungjawab  mengecek dan memastikan daging yang akan dibagi sesuai dengan jumlah kupon yang telah beredar.





Untuk memudahkan proses pembagian, panitia membagi daging kurban sesuai dengan RT masing-masing. Di setiap kelompok (RT) ada panitia yang bertugas. Kupon juga dibedakan berdasarkan RT. Dengan demikian proses distribusi daging kurban berjalan dengan tertib, aman, dan
lancar.
Warga sekitar RW 12 antri dengan tertib untuk menerima daging kurban. Budaya antri seperti ini perlu ditiru dalam setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang. Ada nilai kesabaran, ketertiban, dan saling menghormati dalam budaya antri. Inilah manifestasi dari  nilai-nilai kurban yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail.

Nampak seorang anak laki-laki berjalan dengan penuh keceriaan setelah menerima daging kurbang. Sementara warga yang lain tetap antri dengan penuh disiplin tanpa berebutan. Daging kurban ini sangat berarti bagi anak tersebut dan keluarganya. Ajaran Islam mengajarkan pada saat hari raya Idul Adha setiap individu turut merasakan kegembiraan dengan daging kurbang yang dibagikan.




 Panitia menikmati makan siang yang disediakan oleh ibu-ibu jamaah Mushalla Arrahman. Meskipun menu makan siang sederhana namun terasa nikmat. Itulah indahnya kebersamaan dan nikmatnya makan siang bersama di mushalla.


No comments:

Post a Comment